Selasa, 01 Mei 2012

Kamus Sufi Huruf C

Ciri-ciri orang awam : (lih. orang awam) (Syath)
1. Berimannya berhenti pada dataran pengakuan adanya Tuhan (tidak berniat untuk mengenal dan mengetahui Ada dan Wujud Diri-Nya Ilahi Dzat Yang Al-Ghaib). Pengakuannya itu lalu dipuaskan oleh rasa cukupnya mengetahui nama-namaNya (Asmaul HusnaNya) dengan makna-maknanya, sifat-sifatNya, CiptaanNya; yang dianggap hal demikian telah dirasa cukup untuk memperkuat pengakuannya itu.
2. Ketaqwaannya hanya pada batas dapat memilah mana yang wajib dikerjakan dan mana yang harus ditinggalkan.
3. Dalam melaksanakan amal ibadahnya mempunyai kecendecungan kuat untuk pamrih. Menjadi anak kecil yang kedua kalinya. Anak kecil jika diajak bertamu, dia sama sekali tidak akan butuh kepada sang pemilik rumah. Yang dibutuhkan adalah berbagai mainan atau kue yang disenangi yang diberikan kepadanya. Yang mereka butuhkan adalah nikmat pemberian-Nya (seperti berbagai ganjarang dan surga) akan tetapi sama sekali tidak butuh kenal dan tahu Sang Pemilik bahkan Sang Penciptanya.
4. Ciri watak akunya nafsu bagi orang awam adalah kentalnya mereka pada menganggap cukup penda-patnya sendiri, percaya pada benarnya sendiri, mengandalkan pada ungkapan-ungkapan katanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar