Rabu, 28 September 2011

Semangatmu Yang Menggebu Takkan Dapat Menembeus Tairai Takdir

"Semangatmu yang menggebu tak dapat
menembus hijab Ketentuan Allah"

Yakinkah bahwa takdir Allah itu urusan-Nya semata? Jika kau meyakini demikian,mengapa membuang banyak energi dan tenaga untuk mencurahkan niat dan tujuan.

Orang boleh bekerja keras,berikhtiar untuk mencapai tujuan dan cita-cita. Tetapi seringkali engkau lupa bahwa di depan sana ada semacam benteng yang kokoh, yang tak seorang pun mampu menembus. Benteng itu adalah hijab takdir atau Kekuasaan-Nya.

Engkau boleh berkehendak. Tapi kehendakmu tak akan mampu mengalahkan kehendak-Nya. Allah tak mau diatur oleh hamba-Nya yang memaksakan kehendak demi mencapai tujuan dan cita-cita.

Itulah sebabnya mengapa kita harus menanamkan i'tikad tentang takdir Allah. Tujuannya tak lain adalah agar manusia benar-benar menyadari bahwa daya upaya, energi dan kekuatannya itu tak sebanding dengan Kekuasaan Allah. Sangat kecil sekali dan tak berarti.

Cara berpikir dan beriman semacam ini gunanya agar engkau tidak menyesal manakala tidak mampu meraih cita-citamu. Agar engkau tidak kecewa manakala menemukan kegagalan.


Di ambil dari buku/kitab : Intisari Kitab Al-Hikam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar