Kamis, 29 September 2011

Mata Hatimu Buta Karena Dunia

"JIka mengejar sesuatu yang sudah di jamin oleh Allah engkau lakukan dengan sungguh-sungguh, tetapi kewajibanmu engkau abaikan. Inilah bukti bahwa mata hatimu telah buta."
Allah Maha Kaya, Maha Memiliki segalanya. Dia tidak pernah lupa menjamin hidup dan rizqi makhluk-makhluk-Nya. Maka tidak ada alasan bagimu untuk ragu sedikit pun terhadap urusan duniawi. Tidak ada alasan bagimu untuk sibuk memikirkan nasibmu di masa depan. Engkau tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Tetapi Allah Maha Tahu.
Sudah jelas-jelas Allah memberi jaminan rizqi dan penghidupan. tetapi kenapa seringkali engkau mengejarnya, sampai-sampai lupa diri. Hal itu kau lakukan sebab dirimu tidak yakin bahwa Allah itu datang kepadamu.
Karena sibuk mengejar sesuatu yang sudah berada di tanganmu, engkau korbankan urusan yang lebih besar, urusan akhirat.
Tidakkah engkau malu terhaadap makhluk Allah SWT. yang bernama cecak. Padahal dia sangat lemah dan tidak mempunyai kemampuan untuk mengejar rezqinya. Bayangkan, binatang cecaktidak bisa terbang, tetapi makanannya berupa nyamuk yang pandai terbang. Dia hanya merayap di dinding dan menanti nyamuk datang mendekat. Meskipun demikian, perut cecak tak pernah kosong. Allah SWT. menjamin binatang yang lemah ini dengan rizqi atas kehendaknya.
Cobalah ini engkau renungkan agar tidak menjadi rakus mengejar-ngejar rizqi yang sudah pasti di jamin kepamu. Agar engkau tidak begitu mudah mengorbankan perkara yang lebih utama.
Akibat tenggelam dalam lautan duniawi, mengejar sesuatu yang sudah pasti, lalu engkau lupa bahwa dirimu sebagai hamba, punya kewajiban-kewajiban yang harus di laksanakan. Inilah yang disebut buta mata hati.


Di ambil dari buku/kitab : Intisari Kitab Al-Hikam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar