Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengapa Engkau Beramal

"Berbagai jenis amal yang tampak adalah karena 
beragamnya keadaan yang berasal dari hati"

Setiap amal selalu didahului dengan niat. Tampa adanya niat di dalam hatimu, maka mustahil engkau berbuat, tak mungkin engkau beramal. Niatmu adalah tolak ukur dari setiap amal pernuatanmu. Niatmu baik, aman menghasilkan buah yang beik pula sebaliknya.

Dalam hadist yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim diterangkan bahwa Rosulullah SAW. pernah bersabda, "sesungguhnya sah dan tidaknya suatu amal itu bergantung kepada niatnya. Maka barangsiapa yang berhijrah semata-mata taat kepada Allah dan Rosul-Nya, maka hijrah itu diterima Allah dan Rosul-Nya. Orang yang berhijrah karena mencari keuntungan duniawi atau wanita yang ingin dikawininya, maka hijrahnya terhenti pada keinginan itu."
Salah satu yang menyebabkan hati berdebu karena amal perbuatan yang engau lakukan disertai dengan niat yang tidak tepat. Padahal sebagai orang yang ingin menapaki jalan makrifat, segala sesuatunya itu berujung kepada ALlah. Amalan apapun merupakan pengorbanan hamba bagi sang Khaliq.

Berhati-hatilah mengawali niat bagi amal perbuatan yang hendak engkau lakukan. Niatmu melakukan ibadah tetapi semata-mata untuk mencari surga, maka sama halnya sebagai pekerja kuli yang hanya ingin mendapatkan bayaran dari juragannya. Padahal seorang kuli yang bekerja dengan niat menyenagkan hati juragan, maka ia akan mendapatkan dua imbalan. pertama imbalan berupa bayaran, kedua adalah sikap tuannya yang 'senang' kepadanya.
Begitu pula jika niatmu itu bermuara kepada Allah, insyaALlah engkau akan mendapatkan segala-galanya. Sesuatu yang tak ternialai harganya itu tak perlu kau risaukan, karena Allah telah berjanji akan memberinya. jangan terlalu diharapkan, dan seharusnya engkau serahkan; diberi atau tidak, itu urusan-Nya.


Di ambil dari buku/kitab : Intisari Al-Hikam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar